pembudidayaan ikan kerapu 2

Melalui Program Community Development, Badak LNG telah memberdayakan masyarakan dengan program pembudidayaan ikan kerapu yang melibatkan belasan nelayan di kelompok kerapu macan. Program ini dijalankan sebagai upaya mensejahterakan dan menciptakan kemandirian masyarakat.

Di tahun 2011, Badak LNG mencetuskan sebuah program pemberdayaan masyarakat yang ditujukan bagi para nelayan yang tergabung dalam kelompok kerapu macan, yaitu pembudidayaan ikan kerapu. Program ini dilatarbelakangi karena Kota Bontang memiliki potensi laut yang besar dimana luas wilayahnya 70 persen terdiri dari laut. Kelompok kerapu macan memiliki sebanyak 10 orang anggota.

pembudidayaan ikan kerapu

Untuk program ini, Badak LNG telah memberikan bantuan berupa pembuatan keramba apung serta pemberian bibit kerapu. Pembinaan pun terus dilakukan oleh Badak LNG untuk kesuksesan kelompok kerapu macan dalam upaya meningkatkan kualitas dan hasil budidayanya. Kelompok ini pun telah berkembang tak hanya membudidayakan ikan kerapu macan tetapi juga Ikan Kakap, Ikan Putih, Lobster, Dan Baronang. Ke depannya, Badak LNG juga berencana akan memfasilitasi kelompok untuk dapat membuka restoran apung.

Program pembudidayaan ikan kerapu dijalankan Badak LNG sebagai sebagai upaya mensejahterakan dan menciptakan kemandirian masyarakat. Program penggemukan ikan kerapu dipilih karena ikan kerapu ini merupakan Komoditi Ekspor dengan harga jual tinggi.  Dimana satu kilogram ikan kerapu dipasarkan dengan nilai jual minimal 60 ribu rupiah.

 

TIM LIPUTAN LNG TV