Bontang –  Sebanyak 240 siswa dari 35 SD dan SMP se-Bontang mengikuti tes program beasiswa Badak Full Scholarship (BAFCO) yang diadakan Badak LNG di SMP dan SMA Vidatra Bontang, Minggu, 10 Februari 2019 pagi tadi. Acara ini dibuka langsung oleh Senior Manager Corporate Communication Badak LNG, Busori S.

Badak Full Scholarship atau BAFCO, merupakan beasiswa pendidikan yang ditujukan untuk anak sekolah hingga untuk mahasiswa perguruan tinggi. BAFCO untuk perguruan tinggi proses seleksinya secara langsung dari prestasi akademik selama SMA (tanpa tes tertulis).

Sebagai program full scholarship yang mulai dari tahun 2000, BAFCO menanggung seluruh biaya yang timbul dari program pendidikan para penerimanya. Biaya tersebut mencakup biaya pendidikan, seragam, buku pelajaran dan buku tulis, bimbingan belajar, serta transportasi sekolah. Program ini merupakan kerjasama Badak LNG dengan Yayasan Vidatra.

Senior Manager Corporate Communication, Busori S. menyampaikan, tes BAFCO ini akan menyeleksi 147 siswa dari 25 sekolah tingkat SD/MI yang berada di Kota Bontang. Selain itu, terdapat pula 93 siswa dari 10 SMP/MTS se Kota Bontang.

Tujuan penyelenggaraan BAFCO, tambahnya, sebagai kepedulian Badak LNG dibidang pendidikan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Bontang. Program CSR Badak LNG ini pun merupakan bentuk dukungan Badak LNG atas program Pemerintah Kota Bontang, menuju tuntas berkualitas dan sesuai dengan salah satu visi misi Kota Bontang yaitu Smart City.

“Program BAFCO sudah dimulai sejak 2000 lalu. Saat ini, kita akan menyaring 10 siswa SD dan 15 siswa SMP untuk mendapatkan beasiswa penuh di Sekolah Vidatra. Sasaranya, lulusan SD dan SMP di Kota Bontang yang memiliki prestasi dibidang akademis dan ekstrakulikuler tetapi kurang beruntung dari segi ekonomi,” ujar Busori.

Setelah pembukaan selesai, para siswa langsung diarahkan menuju ruangan tes yang telah disediakan. Tes akademik yang diikuti tingkat SD dan SMP ini dibagi menjadi beberapa ruangan tes. Untuk tingkat SD, mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan Matematika akan diuji pada tes akademik ini. Sedangkan untuk tingkat SMP, mata pelajaran yang akan diuji adalah bahasa Indonesia, IPA, IPS matematika ditambah bahasa Inggris.

“Seleksi awal, kita menyaring siswa yang mempunyai nilai rata-rata 8,00 atau 3,2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan Bahasa Inggris,” jelasnya.

Seleksi BAFCO ini dibagi menjadi 3 tahap. Tahap pertama adalah tes akademik yang akan diumumkan 12 Februari 2019 di Kantor Corporate Communication dan Knowledge House Badak LNG. Selanjutya, tahap kedua, siswa yang lolos akan mengikuti tes psikologi yang akan diadakan 17 Februari 2019 mendatang.

Sementara, tahap terakhir, siswa yang lolos akan mengikuti tes interview yang akan dilakukan oleh tim dari Corporate Communication Badak LNG.

Selain program BAFCO, untuk mendukung pengembangan pendidikan Kota Bontang dan Kaltim, Badak LNG juga telah menggulirkan aneka program dan aktivitas dibidang pendidikan, antara lain pelatihan untuk guru di daerah pesisir, boarding community untuk anak-anak sekolah di pulau / di daerah pesisir yang sedang persiapan UAN, COOP atau Cooperative Education Program, LNG Academy, PKL, BAFCO (Badak Full Scholarship), Magang Lab & EC, Kultur Jaringan dan Operator Biodiesel serta pemfasilitasan bantuan OGFICE (Osaka Gas Foundation of International Cultural Exchange).

Leave a Reply

Login dengan:



Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *